YM Andi Roidah Patiroi, Addatuang Sidenreng XXV Diakui Sultan dan Raja se Nusantara

oleh -2.175 views

SIDRAP, KATAINFO.com — Pengukuhan dan penobatan YM Ir Andi Roidah Patiroi M.Si beberapa waktu lalu sebagai Addatuang Sidenreng XXV, mendapat pengakuan dan ucapan selamat dari sejumlah Sultan atau Raja se Nusantara.

Diantatanya adalah, Sultan Sumbawa XVIII, PYM, Sultan Sepuh XIV, PYM. Sultan Buton XL, Mokole Laiwoi X (Kerajaan Kendari), Kesultanan Singapura, kesultanan Malaysia, dan kesultanan Brunei Darussalam.

Artinya, dengan adanya pengakuan dari sejumlah sultan dan raja se Nusantara itu, membuktikan bahwa, YM Andi Roidah Patiroi sah secara adat memangku Addatuang sebagai Anak Pattola dari raja yang mangkat.

Untuk itu, para Pabbicara, Arung dan Maria yang ada di daerah ini, dengan tegas menolak adanya keinginan Andi Faisal Sapada untuk menjadi Addatuang, karena tidak sesuai mekanisme yang diatur di lembaga adat melalui Majelis Adat Kedatuan Sidenreng.

Demikian disampaikan Andi Mallewai Itje yang ditemui di Pangkajene, Sidrap, Ahad (23/2/2020) menegaskan, dari hasil rapat Majelis Adat Kedatuan Sidenreng yang digelar, Sabtu kemarin (22/2/2020).

Acara tersebut juga turut dihadiri Addatuang Sidenreng, YM Andi Rodiah, yang sepakat menolak dengan tegas rencana penobatan Andi Faisal Sapada sebagai Addatuang yang tidak masuk dalam silsilah sebagai anak Pattola.

Menurut Andi Mallewai, dengan adanya kondisi seperti ini, tentunya masyarakat Sidrap sudah dapat membaca adanya gejala dan kecenderuangan dari pihak tertentu akan menyeret lembaga Kedatuan Sidenreng ke ranah politik praktis.

“Ada kecenderungan prilaku yang tidak lazim dilakukan bagi komunitas adat kerajaan dalam membalikkan fakta dan melakukan pembohongan publik,”kesal Andi Mallewai. (Diah).

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *