Tinjau Lokasi Porang Milik Syahar, Stafsus Mentan : Akan Jadi Lahan Percontohan di Sulsel

oleh -309 views

SIDRAP, KATAINFO. com — Staf Khusus Menteri Pertanian Republik Indonesia, Lutfi Halide, tinjau lokasi perkebunan tanaman porang milik H Syaharuddin Alrif, S.IP, MM di Bendoro, Kecamatan Watang Sidenreng, Sidrap, Rabu (12/2/2020).

Dalam kunjungannya, Lutfi Halide melihat langsung proses penanaman dan pemanfaatan lahan kosong untuk tanaman porang yang diinisiasi Wakil Ketua DPRD Sulsel dari partai NasDem.

“Ini kunjungan pertama saya ke lokasi tanaman porang milik kaka syahar di Sidrap. Ini luar biasa, lahan kosong dikelola menjadi tanaman porang, dan ini akan jadi lahan percontohan di Sulsel,” ujar Lutfi Halede, mantan Kadis Pertanian dan Tanaman Pangan Sulsel.

Menurut Lutfi Halede yang akrab disapa LHD itu, tanaman porang bukan jenis tanaman pangan yang baru di Indonesia, melainkan sudah bertahun-tahun ditanam masyarakat, namun baru kali ini pemerintah hadir untuk meningkatkan produksi, karena pasarnya sudah jelas.

“Tanaman porang sudah bertahun-tahun di tanam masyarakat, namun baru kali ini, pemerintah hadir untuk meningkatkan produksi masyarakat karena pangsa pasarnya untuk komoditi ekspor sudah jelas,” katanya.

Dijelaskannya, walaupun tanaman porang memiliki potensi menjanjikan untuk komoditi eskpor, namun hingga saat ini bahan bakunya masih sangat kurang, walaupun permintaannya sangat banyak.

Sementara itu, Syahar yang juga Sekretaris DPW Partai NasDem Sulsel selaku in inisiasi tanaman porang di Sulsel mengatakan, upaya ini kami lakukan untuk merubah paradigma petani Sulsel dari petani konsumtif menjadi petani produktif.

“Pola pikir petani harus segera berubah, menanam tanaman pangan yang mudah dan tentunya harus memiliki nilai ekonomi yang tinggi guna meningkatkan tarap hidup masyarakat,”jelas Syahar. (Diah).

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *