Tenaga Marketing PT Toyota H Kalla Cabang Sidrap Dapat Dijerat UU TPPU, Ini Alasannya.

oleh -165 views

SIDRAP, KATAINFO.com — Terungkapnya kasus penipuan dan penggelapan pukuhan uang nasabah yang dilakukan EM, salah seorang tenaga pemasaran (Marketing) PT Toyota Haji Kalla Cabang Sidrap, saat ini ditangani Polres Sidrap.

Tersangka EM yang saat ini menjalani pemeriksaan secara intensif oleh pihak Sat Reskrim Polres Sidrap, tidak menutup kemungkinan yang bersangkutan akan dijerat undang-undang Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) atau Money Loundring.

Pasalnya, pada umumnya para pelaku tindak pidana selalu berusaha menyembunyikan atau menyamarkan asal usul harta kekayaan yang merupakan hasil dari tindak pidana dengan berbagai cara agar harta kekayaan hasil kejahatannya sulit ditelusuri oleh aparat penegak hukum, sehingga dengan leluasa memanfaatkan harta kekayaan tersebut, baik untuk kegiatan yang sah maupun tidak sah.

Demikian disampaikan Kapolres Sidrap, AKBP Budi Wahyono yang dikonfirmasi melalui ponselnya, Selasa (7/5)2019).

Menurutnya, TPPU tidak hanya mengancam stabilitas dan integritas sistem perekonomian dan sistem keuangan, melainkan juga dapat membahayakan sendi-sendi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Dijelaskannya, penyidik Polri dapat menerapkan pasal hukum Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) pada semua jenis tindak pidana, sepanjang didukung bukti-bukti yang mengarah kepada upaya pencucuian uang.

“TPPU itu bisa diterapkan di semua tindak pidana yang ancaman hukumannya minimal empat tahun dan ada harta hasil tindak pidana,”jelas perwira polisi yang dikenal akrab dengan semua elemen masyarakat didaerah ini. (Jagad)

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *