Sinjai Menuju “Satu Data”, Bupati Himbau Pemkab Hadirkan Data Kredibel

oleh -124 views

Katasulsel.com, Sinjai– Bupati Sinjai Andi Seto Gadhista Asapa membuka sosialisasi Kabupaten Sinjai Menuju Satu Data dengan Tema “Menjalin Sinergitas Dalam Pengelolaan Data yang Kredibel” di Ruang Pola Kantor Bupati Sinjai. Senin (15/04/2019)

Kadis Kominfo dan Persandian Firdaus dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan sosialisasi Kabupaten Sinjai menuju satu data bertujuan untuk meningkatkan integritas data, menyatukan data pada sebuah portal yang nantinya menjadi satu pintu diseminasi dan akses data terbuka yang dijamin integrasi, akurasi, dan kemutakhirannya dengan prinsip satu standar data, satu meta data baku serta satu portal data.

Sejalan dengan itu, Bupati Sinjai Andi Seto Gadhista Asapa menyampaikan bahwa sosialisasi Kabupaten Sinjai menuju satu data tujuannya agar seluruh perangkat pemerintahan kementrian, lembaga pusat, daerah Provinsi, Kabupaten/Kota untuk mewajibkan membangun pusat data.

“Era digital telah memasuki segala bidang namun sayangnya tak semua siap dengan perubahan era digital yang saat ini menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan manusia yang mendiami kolong langit”. paparnya.

Untuk itu peran serta dari produsen data dalam hal ini seluruh organisasi perangkat daerah menurut Andi SetoGadhista adalah secara aktif setiap saat update data untuk dapat mengirimkan ke Dinas komunikasi informatika dan persandian sebagai walidata (sumber data) dikabupaten sinjai menuju sinjai satu data.

Selain itu, Bupati juga mengajak untuk menunjang tata kelola satu data yang baik dilingkup pemerintah daerah Kabupaten Sinjai melalui sosialisasi ini.

“Saya mengajak seluruh elemen untuk bersinergitas dalam pengelolaan data yang akurat dan kredibel sehingga tidak ada data yang tidak hanya memiliki beragam versi, dan saling kontradiktif di antara satu dengan yang lainnya. Tata kelola data yang baik sangat bergantung kepada kualitas dan konsistensi didalam pengelolaan data.” Himbaunya.

Author: Muhammad Rasyid

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *