Penggunaan Dana Covid 19 Harus Diawasi Masayarkat, Ini Penegasan Presiden

oleh -33 views

SIDRAP, KATAINFO.com — Anggaran dana yang digelontorkan pemerintah pusat dan daerah untuk menangani virus corona (Covid 19) nilainya cukup besar.

Untuk itu, pemerintah harus siap diawasi oleh lembaga negara seperti DPR, BPK dan institusi lainnya, termasuk masyarakat yang ada di daerah masing-masing.

Hal tersebut ditegaskan Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (6/5/2020) pada saat sidang kabinet paripurna melalui konferensi video.

“Pemerintah dan kita semuanya juga harus siap untuk diawasi, siap untuk dikontrol, bukan hanya oleh lembaga-lembaga negara, tapi juga oleh seluruh masyarakat,” pinta Jokowi yang disiarkan melalui siaran televisi.

Jokowi mengingatkan, untuk penanganan COVID-19, semua jajaran pemerintahan harus betul-betul berpegang pada prinsip-prinsip, memegang teguh transparansi dan akuntabilitas.

Menurut Presiden Jokowi, tujuannya hanya satu, yaitu keselamatan rakyat diseluruh Indonesia, baik di bidang kesehatan maupun di bidang sosial ekonomi.

Ditegaskannya, dalam mencapai tujuan itu, sekali lagi kita semuanya, pemerintah harus bergerak dengan cepat karena betul-betul situasinya bersifat extra ordinary dan memerlukan kecepatan, ketepatan dalam penanganan kasus ini.

Pada kesempatan itu, Presiden juga memerintahkan agar target Pemerintah pada Mei 2020, betul-betul tercapai sesuai kurva penyebaran Covid 19 harus menurun dan masuk pada posisi sedang pada Juni dan Juli harus masuk pada posisi ringan.

“Dengan cara apapun penanganan virus yang telah banyak menelan korban itu, harus dilakukan agar kita semua bisa keluar dari masalah ini,”pinta Presiden.

Menurutnya, target tersebut tidak hanya dilakukan oleh gugus tugas, tapi juga melibatkan seluruh elemen bangsa, jajaran pemerintahan, organisasi sosial, relawan, partai politik dan sektor swasta serta masyarakat.

“Says yakin dan optimis, jika kita bersatu dan disipilin menjalankan aturan sesuai protokoler kesehatan dengan baik, rencana yang telah kita siapkan, dapat kita atasi Covid 19 secepatnya,”harap Presiden Jokowi.

Sejumlah warga yang dikonfirmasi didaerah ini menyambut baik penegasan Presiden untuk melibatkan sejumlah elemen termasuk masyarakat dalam mengawasi penggunaan penanganan dana Covid 19.

“Anggaran yang disiapkan Pemkab Sidrap sebesar Rp 34 Milyar belum termasuk bantuan lainnya, pos pendistribusiannya memang perlu diawasi, agar bantuan itu tepat sasaran sesuai peruntukannya,” harap sejumlah warga di Pangkajene, Sidrap, Kamis (7/5/2020). (Diah)

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *