Pabbicara dan Arung Hanya Akui Andi Roidah Sebagai Addatuang Sidenreng XXV

oleh -2.325 views

SIDRAP, KATAINFO.com — Para Pabbicara dan arung serta para Matoa yang tersebar disejumlah wilayah di daerah ini, hanya mengakui YM Ir Andi Roidah Patiroi M.Si sebagai Addatuang Sidenreng XXV.

Pasalnya, YM, Andi Roidah Patiroi merupakan Anak Pattola dari permaisuri Addatuang Sidenreng XXIV, yaitu: YM. Hj. Andi Subeda Petta Te’ne, putri Bau Massepe bin H. Andi Mappanyukki Sultan Ibrahim Datu Suppa XII, Mangkau Bone XXXII.

Pemerintah Kabupaten Sidrap juga turut mengakuk keabsahan yang dibuktikan dengan dilaksanakannya acara syukuran atau gala dinner yang digelar di Rumah Jabatan (Rujab) Bupati Sidrap, Kamis malam lalu (20/2/2020) yang di hadiri Bupati Sidrap, Dollah Mando.

Setelah acara gala dinner dilaksanakan di Rumah Bupati, selanjutnya para pabbicara dan arung serta matoa melanjutkan acara di aula SKPD Sidrap yang dihadiri Wakil Bupati Sidrap, Mahmud Yusuf.

Demikian dijelaskan Andi Mallewai Itje yang ditemui di Pangkajene, Sidrap, Ahad (23/2/2020) mengatakan, dari hasil rapat adat kedatuan Sidenreng yang dilaksanakan Sabtu kemarin (22/2/2020) mempertanyakan rencana penobatan Andi Faisal Sapada sebagai Addatuang Sidenreng.

Andi Mallewai Itje, juga mempertanyakan Lembaga Adat mana yang mengangkat dan menobatkan Andi Faisal Sapada sebagai Addatuang Sidenreng, karena dalam sejarah Kedatuan Sidenreng, sejak masa Addatuang, tidak pernah terjadi pengangkatan Addatuang Sidenreng yang bukan Anak Pattola.

“Intinya, para Pabbicara, Arung dan para Matoa hanya mengakui YM Andi Roidah sebagai pewaris tahta yang sah, karena beliau merupakan anak Pattola yang diakui melalui lembaga adat resmi pemerintah yaitu, Majelis Adat Addatuang Sidenreng,” tegas Andi Mallewai. (Diah).

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *